#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Sabtu, 25 Agustus 2012

MATERI AJAR PAI (Hadits Menuntut Ilmu)


BAB 2
HADITS TENTANG MENUNTUT ILMU

Standar Kompetensi :
- Memahami ajaran Al Hadits tentang menuntut ilmu
Kompetensi Dasar :
- Membaca hadits tentang menuntut ilmu
- Menyebutkan arti hadits tentang menuntut ilmu

  Di era sekarang ini dunia pendidikan, sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat, hal ini ditandai dengan munculnya berbagai predikat sekolah, munculnya banyak lembaga bimbingan belajar, tempat kursus, dan lain-lain. Pernahkah kamu berfikir bagaimana pandangan Nabi Muhammad SAW yang hidup kira-kira 1500 tahun yang lampau tentang pendidikan, baik menyangkut tentang kewajiban menuntut ilmu? Kapan dan di mana umat Islam diwajibkan menuntut ilmu. Sebaiknya kita ikuti pembahasan selengkapnya mengenai hadits tentang menuntut ilmu berikut ini.A.   Hadits Nabi saw Tentang Menuntut Ilmu

1.       Hadits tentang salah satu Fungsi ilmu
مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ وَ مَنْ أَرَادَ ْالآخِرَةِ فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ  وَ مَنْ أَرَادَ هُمَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ (رواه الطبراني)
Artinya,’Barangsiapa yang menginginkan kehidupan dunia, mak ia harus memiliki ilmu, dan barang siapa yang menginginkan kehidupan akhirat maka itupun harus dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka itupun harus dengan ilmu.” (HR. Thabrani)

2.     Hadits tentang hukum menuntut ilmu
رَوَاهُ ابْنُ عَبْدُالْبَر)طَلَبُ اْلعِلْمِ فَرِيْضِةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ
    Artinya :
    Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan muslimat”(HR. Ibnu Abdil Bari)
3.     Kewajiban mencari ilmu itu tidak memandang batasan usia, melainkan seumur hidup. Sabda Nabi SAW
أُطْلُبُ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى اللَّحْْدِ (رواه مسلم)
      Artinya,     “Carilah ilmu itu sejak dari ayunan sampai masuk ke liang lahat”(HR. Muslim) 
4.    Menuntut ilmu itu harus mau bersusah payah, karena ilmu itu harus dicari di mana saja,  sekalipun sangat jauh tempatnya dan banyak rintangannya, seperti sabda Nabi SAW :
أُطْلُبُواالْعِلْمَ وَلَوْ بِالصّيْنِ {رَوَاهُ عَبْدُالْبَر}  
       Artinya ,
             “Carilah ilmu itu walau di negeri Cina”.(HR. Abdul Bar)
5.    Etika menuntut ilmu
تَعَلَّمُوْاوَعَلِّمُوْاوَتَوَاضَعُوْالِمُعَلِّمِيْكُمْ وَلَيَلَوْا لِمُعَلِّمِيْكُمْ ( رَواهُ الطَّبْرَانِيْ)
Artinya,”Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu.” (HR Tabrani)
6.    Keutamaan menuntut ilmu
Banyak hadits Nabi SAW yang mengungkapkan keutamaan / fadhilah menuntut ilmu, diantaranya sebagai berikut :
a.    Dimohonkan ampun dosanya oleh semua makhluk
عَنْ أَنَسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ :  قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم طَلَبُ اْلعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ، وَإِنَّ طَالِبَ اْلعِلْمِ يَسْتَغْفِرُ لَهُ كُلُّ شَيْ حَتَّى ألْحِيْتَانَ فِي الْبَحْرِ ( رواه ابن عبد الرّحْمَن)
   ِArtinya,“Dari Anas r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda: menuntut ilmu itu  wajib atas setiap orang Islam, karena sesungguhnya semua (makhluk) sampai binatang-binatang yang ada di laut memohonkan ampun untuk orang yang menuntut ilmu”. (H.R. Ibnu Abdurrahman)
b.    Dimudahkan jalan masuk surga
عَنْ اَبِي هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ". (رواه مسلم)
Artinya, “Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah s.a.w bersabda: Barang siapa yang menempuh perjalanan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya menuju surga”. (H.R. Muslim)
c.     Digolongkan sebagai orang yang jihad fi sabilillah
مَنْ خَرَجَ فِيْ طَلَبِ الْعِلْمِ فَهُوَ فِيْ سَبِيْلِ الله حَتَّى يَرْجِعَ ( رَوَاهُ التِّرْمِذِي )
Artinya,” Siapa yang keluar (dari rumah) dalam (keadaan) menuntut ilmu, maka ia itu termasuk fi sabilillah sampai ia kembali/pulang.” (HR. Turmudzi)
Arti Kata-kata (mufrodat)
عََنْ , مِنْ  :     dari
مَنْ            :   siapa
  :      أَرَادَ    menghendaki / menginginkan
   :      فَعَلَيْه  maka wajib atasnya
قَالَ              :  Ia telah berkata
طَلَبُ         :    Menuntut/mencari
اَلْعِلْمُ  :               Ilmu itu
تَعَلَّمُوْا      :      belajarlah kamu semua
وَعَلِّمُوْا     :    dan mengajarlah kamu semua
لِمُعَلِّمِيْكُمْ    :    terhadap guru-gurumu
وَلَيَلَوْا      :    dan berlaku baiklah kamu semua
فَرِيْضَةٌ          :    Wajib
عَلَى        :    atas
كُلِّ               :   tiap-tiap/ setiap
أَلْمَهْدِ       :    ayunan
أَلَّلحْدِ            liang lahat
إِنَّ               :    Sesungguhnya
يَسْتَغْفِرُ لَهُ    :     Memohonkan ampun untuknya
كُلُّ شَيْءٍ      :    Segala sesuatu
حَتىَّ            :     Hingga/sampai
اَلحِْيْتَانَ         :    Binatang-binatang
فِي اَلْبَحْر         :     di dalam laut
سَلَكَ               :     berjalan
يَلْتَمِسُ        :     menyentuh / mendapatkan
طَرِيْقًا       :     jalan
سَهَّل الله       :     maka Allah memudahkan
  :          اَلْجَنَّة  Surga
  :          خَرَجَKeluar
حَتَّى             :    Sehingga
 :        يَرْجِعَ    ia kembali/ ia pulang
B.      Penjelasan Hadits
Ilmu itu sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan ilmu manusia dapat mengetahui segala hal termasuk mengetahui  kebesaran dan kekuasaan Allah, sehingga dengan begitu manusia dapat selalu dekat dengan Sang Maha Penciptanya. Karena dengan ilmu itu manusia dapat mengetahui kedudukannya di hadapan Allah dan bagaimana ia harus berbuat. Disamping itu, dengan ilmu pula manusia dapat mengetahui rahasia - rahasia ciptaan Allah, sehingga ia dapat melaksanakan fungsi- fungsi kekhalifahannya di bumi, yakni memanfaatkannya untuk kesejahteraan hidup manusia di dunia dan di akhirat. Karena itu dalam hadits di atas Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita,” jika manusia ingin mendapatkan kehidupan yang baik di dunia hendaknya diraih dengan ilmu, jika menginginkan kehidupan yang baik di akhirat hendaknya dengan ilmu, dan jika menginginkan kedua-duanya juga hanya bisa diraih dengan ilmu.”
Mengingat pentingnya ilmu itu, hadits di atas menjelaskan bahwa menuntut ilmu sangat diwajibkan bagi setiap orang Islam tanpa terkecuali, baik laki-laki, perempuan, tua maupun muda. Menuntut ilmu disini mengandung makna yang sangat luas, yaitu mencari ilmu pengetahuan melalui proses belajar, baik melalui bimbingan orang lain (guru) maupun secara mandiri atau otodidak. Belajar secara mandiri dapat dilakukan dengan membaca, mengamati dan mempelajari suatu ilmu tanpa bantuan orang lain (guru). Tetapi harus diingat, tidak semua ilmu itu dapat dipelajari secara sendiri. Hal itu di samping karena keterbatasan kemampuan yang dimiliki individu itu sendiri sehingga butuh bantuan orang lain yang lebih ahli, juga dikarenakan adanya ilmu yang dalam mempelajarinya harus melalui bimbingan guru / mursyid, terutama dalam belajar membaca Al-qur’an, aqidah dan ubudiyah.
Kewajiban menuntut ilmu bagi setiap umat Islam itu berlaku sepanjang hayat atau dikenal dengan istilah long life education. Dalam hadits tersebut, Rasulullah memerintahkan untuk menuntut ilmu  sejak masih dalam ayunan / buaian (ibu) sampai  ke liang lahat (meninggal). Sehingga hanya kematianlah yang mampu menghentikan kewajiban seorang muslim dalam menuntut ilmu. Dengan demikian, dalam menuntut ilmu tidak ada istilah “sudah tua”. Boleh saja pendidikan formal lewat bangku sekolah atau kuliah telah selesai, tetapi kegiatan belajar kepada siapapun dan dimanapun harus tetap dilaksanakan hingga akhir hayat, baik di keluarga, pengajian di masjid, majlis-majlis taklim, dan lain sebagainya.
Sejalan dengan itu, Islam memang tidak membatasi tempat di mana kita harus mencari ilmu. Dimanapun keberadaan ilmu, Islam memerintahkan untuk mencarinya, sekalipun sampai ke negeri Cina sebagaimana ditegaskan dalam hadits di atas, yaitu “ carilah ilmu meskipun sampai ke negeri  Cina”. Hadits tersebut juga mengisaratkan bahwa menuntut ilmu itu harus mau bersusah payah. Betapa tidak ? Coba renungkan ! Perjalanan dari Tanah Suci ke Cina saat itu dapat berlangsung berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, serta banyak rintangan yang harus dilalui seperti badai gurun pasir, banyaknya penyamun, sulitnya membawa perbekalan, dan belum lagi sulitnya memenuhi keperluan hidup selama belajar di rantau, karena saat itu belum ada sarana pengiriman uang lewat wesel atau tansfer lewat Bank maupun barang lewat kiriman paket seperti sekarang. Tentu perintah Rasulullah SAW tersebut baru dapat terlaksana bila yang bersangkutan mempunyai kebulatan niat yang kuat, keuletan yang tinggi, punya sifat kemandirian, dan kerja keras. Sehingga melalui pesan hadits itu seolah-olah Rasulullah SAW  ingin berpesan kepada kita semua bahwa belajar itu harus didasari oleh niat yang kuat, keuletan, kemandirian, dan kerja keras atau mau bersusah payah dan tidak manja. Karena itu pula dalam hadits di atas Rasululllah SAW menyejajarkan kedudukan orang yang menuntut ilmu  sama dengan orang yang sedang jihad fisabilillah.
Selain niat yang kuat, ulet, mandiri, dan kerja keras, hal lain yang tidak boleh dikesampingkan dalam menuntut ilmu adalah hormat dan berlaku baik kepada guru sebagaimana yang tersebut dalam sabda Rasulullah SAW di atas. Menurut Imam Az-Zarnuji dalam Kitab “Ta’limul Muta’allim” salah satu penyebab tidak manfaatnya ilmu yang dimiliki oleh para generasi sekarang adalah kurang tawadhu’ atau kurang hormatnya siswa kepada guru. Indikasi tidak bermanfaatnya ilmu itu adalah ilmu yang dimilikinya itu tidak mampu mendekatkannya kepada Allah dan tidak melahirkan kepatuhan kepada-Nya, bahkan semakin menjauhkannya dengan Allah, serta tidak dapat mendatangkan kemanfaatan bagi orang banyak, bahkan sebaliknya acapkali merugikannya. Akibatnya seperti yang dapat kita lihat di negeri ini, banyak orang pinter yang pada akhir karirnya tidak selamat akibat olahnya sendiri. Na’udzu billahi min Dzalika. Sebaliknya seorang yang manfaat ilmunya, ia akan memiliki kemantapan iman serta patuh dan tawadhu' kepada Allah. Firman Allah SWT :
Artinya,“Dan agar orang-orang yg telah diberi ilmu meyakini al-Qur'an itulah yang hak (petunjuk yang benar) dari Tuhanmu, lalu mereka beriman dan tunduk hati mereka kepada-Nya." (QS.al-Hajj/22: 54).
Hadits di atas juga menerangkan tentang berbagai keutamaan yang diberikan Allah SWT kepada orang yang mau menuntut ilmu, diantaranya diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT karena semua makhluk di dunia ini termasuk semua binatang yang hidup di lautan memohonkan ampun kepadanya,  dimudahkan jalan baginya oleh Allah SWT jalan menuju surga, serta dinaungi dan dimuliakan oleh malaikat dengan mau meletakkan sayapnya untuk jalan orang yang menuntut ilmu.
Selain itu Allah juga akan mengangkat derajat orang yang  beriman dan berilmu lebih tinggi beberapa derajat daripada orang yang tidak berilmu. Dalam sebuah hadits disebutkan, bahwa  Nabi Muhammad SAW memberikan perumpaan keutamaan seorang yang alim (berilmu) dengan seorang abid (ahli ibadah) itu diperumpamakan perbandingannya antara bulan dengan bintang. Perumpamaan Nabi tersebut sangat masuk akal, sebab seorang yang alim itu  memiliki ilmu yang manfaatnya tidak terbatas hanya bagi dirinya, tetapi juga dapat dirasakan bagi orang lain, baik  melalui pengajaran yang diberikan atau membaca karya tulisnya. Sedangkan ibadahnya abid manfaatnya terbatas hanya pada  dirinya. Disamping itu, ilmu pengaruhnya tetap abadi dan lestari selama masih ada orang yang memanfaatkannya, meskipun sudah beberapa ribu tahun. Seperti temuan para ilmuwan Muslim pada zaman dahulu hingga sekarang masih terus dimanfaatkan orang. Berbeda dengan amal ibadah, seperti melakukan shalat, puasa, zakat, haji, dan sebagainya juga mendapatkan balasan pahala oleh Allah, akan tetapi semua ini segera berakhir dengan berakhirnya pelaksanaan dan kegiatan sang pelakunya. Seperti penjelasan hadits Nabi Muhammad yang sudah sangat populer di kalangan umat Islam, yaitu jika anak Adam meninggal dunia, semua amalnya terputus kecuali tiga hal: shadaqah jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang selalu mendo'akan kedua orang tuanya.
Dalam Al-Qur`an Allah juga berulang-ulang menegaskan akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.  Allah juga mengingatkan kepada manusia untuk berfikir dan merenungkan, apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui.
 
Rangkuman
 
Ilmu Pengetahuan adalah bekal yang paling berharga bagi manusia untuk mencapai kebahagian hidup di dunia dan  di akherat kelak. Dengan ilmu, manusia dapat mengetahui segala hal, termasuk mengenal kebesaran, kekuasaan Allah, dan kedudukannya di hadapan Allah serta cara mengabdi kepada-Nya,  sehingga dapat selalu dekat dengan-Nya. Dapat mengetahui rahasia ciptaan-Nya, sehingga dapat memanfaatkannya untuk kesejahteraan hidup manusia di dunia dan di akhirat. Mengingat pentingnya ilmu pengetahuan, maka Islam mewajibkan setiap umatnya tanpa terkecuali untuk menuntut ilmu, mulai dari masa kecil sampai meninggal dunia di manapun ilmu itu ada. Sebagai balasan bagi orang-orang yang menuntut ilmu, Allah menempatkan mereka pada posisi yang tinggi dan mulia.
Hendaknya dalam menuntut ilmu itu didasari untuk mendekatkan diri kepada Allah dan demi mewujudkan kemaslahatan umat, serta harus dibarengi dengan keuletan, kemandirian, dan kerja keras. Selain dari itu, agar memperoleh ilmu yang bermanfaat, sebagai seorang murid harus memiliki rasa hormat ( tawadhu’) kepada guru dan berlaku baik kepadanya.
Ilmu yang manfaat adalah ilmu yang dapat mendorong pemiliknya untuk mendekatkan diri kepada Allah serta patuh dan tunduk kepada-Nya, mendatangkan manfaat dan penerang bagi orang lain, sehingga orang lain dengan kemauannya sendiri mau membuka hati untuk belajar atau meminta petunjuk/nasehat, serta dengan sukarela mau mengamalkannya.

Kamus Istilah

Hadis                      : segala perkataan, perbuatan dan penetapan dari Nabi Muhammad saw
Sanad                     : orang yang menjadi sandaran keluarnya hadis
Matan                     : isi kandungan suatu hadis
Rawi                                   : orang yang meriwayatkan hadis
Hadis Qauli                        : hadis yang berisi perkataan Nabi Muhammad saw.
Hadis Fi’li              : hadis yang berisi perbuatan Nabi Muhammad saw.
Sahih                      : hadis yang baik digunakan sebagai hujjah
Dhaif                      : hadis yang lemah
Hadis qudsi                        : hadis yang berisi firman Allah
 Uji Kompetensi 
 
II.    Isilah soal di bawah ini dengan jawaban pendek!
Perhatikan hadis di bawah ini, kemudian jawablah soal-soal di bawahnya!
عَنْ أَنَسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: طَلَبُ اْلعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ، وَإِنَّ طَالِبُ اْلعِلْمِ يَسْتَغْفِرُ لَهُ كُلُّ شَيْءٍ حَتَّى الْحِيْتَانُ فِي الْبَحْرِ.(رواه ابن عبد الرحمن)
Arti Hadits ,“Dari Anas r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda: menuntut ilmu itu adalah wajib bagi setiap orang Islam, karena sesungguhnya semua (makhluk) sampai binatang-binatang yang ada di laut memohonkan ampun untuk orang yang menuntut ilmu.” (H.R. Ibnu Abdurrahman)
1.                                                                 Sanad dari hadis di atas adalah ….
2.                                                                 Matan dari hadis di atas adalah ....
3.                                                                 Dilihat dari jenisnya, hadis di atas termasuk jenis hadis .....
4.                                                                 Hadis di atas diriwayatkan oleh .....
5.                                                                 Hukum mencari ilmu bagi anak perempuan adalah .....

 
III.   Pasangkan kalimat di bawah sehingga menjadi benar!
1
Sanad

A
Perbuatan Nabi
2
Matan

B
Orang yang meriwayatkan hadis
3
Rawi

C
Orang yang menjadi sandaran keluarnya hadis
4
Qauli

D
Isi hadis
5
Fi’li

E
Perkataan Nabi

IV.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.        Mengapa umat Islam diwajibkan menuntut ilmu?
2.        Dimanakah umat Islam dapat menuntut ilmu dengan baik dan benar?
3.        Kapan umat Islam diwajibkan menuntut ilmu?
4.        Ilmu apa saja yang hukum mencarinya wajib ain?
5.        Jelaskan keutamaan ilmu dibandingkan dengan amal ibadah!

B.  TUGAS/KEGIATAN INDIVIDU
Buatlah cliping baik tulisan atau gambar yang memuat arti pentingnya menuntut ilmu bagi kehidupan manusia!
C.  TUGAS/KEGIATAN KELOMPOK
Buatlah kelompok yang terdiri dari 4-6 anak, kemudian pilihlah tema yang berkaitan dengan kewajiban menuntut ilmu, kemudian presentasikan bersama temanmu di depan kelas secara bergantian kelompok di bawah bimbingan bapak/ibu guru kalian!

15 komentar:

  1. Blognya keren...Pak belajar jadi lebih asik kalo gini mah..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah moga bermanfaat...Jazakalloh khoir telah berkunjung.

      Hapus
  2. Blog Yg Keren,Pak :D
    Backlink Juga Blog Saya Ya Pak hhe :D
    http://bsccomunitas.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...moga bermanfaat, insya Alloh silaturrahim ke blog Elang.

      Hapus
  3. Subhanallah , what a excellent article ;D
    Izin nge-print isi artikelnya ya Pak , :D Trims .. :)


    #By.Zahra from 9F ~ ^.^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, ya silahkan moga bermanfaat dan tambah ilmu

      Hapus
  4. nuhun pak...
    ikut ng print...
    Blognya bagus pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sami-sami, mangga di print,,,mugi manfaat sareng nambihan elmu...

      Hapus
  5. Kalimat Tholabul 'ilmi fariidhotun 'alaa kulli muslimin wa muslimatin
    kata tholabul 'ilmi adalah mubtada' sedangkan fariidhotun adalah khobar
    tapi mubtada' mudzakkar sedangkan khobarnya muannats tidak sesuai menurut ilmu nahwu. Apakah hadits tersebut benar-benar shohih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungan dan koreksinya pa, Insya Allah saya akan belajar lagi.

      Hapus
  6. Terima kasih atas postingan artikelnya bapak,
    artikelnya sangat membantu saya mengerjakan tugas tentang Materi PAI
    Lengkap dan jelas, Blognya AMAZING,..
    Heny FIAI UII

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, saya kumpulkan artikelnya dari berbagai sumber. Terima kasih atas kunjungannya, saya dari Campus UNINUS Bandung pada bulan Maret 2014 Study Banding ke campus UII.

      Hapus
  7. Alhamdulillah... Josssss... Copas sharp buat sahabat grup WA saya... Jazaakumulloh

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah... Josssss... Copas sharp buat sahabat grup WA saya... Jazaakumulloh

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

SALAM SILATURRAHIM, SELAMAT BERKUNJUNG DI BLOG SAYA, SEMOGA KITA MENJADI INSAN BIJAK DENGAN BERBAGI ILMU PENGETAHUAN