#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

Kamis, 16 Agustus 2012

Pesantren Ramadhan 1433 H SMPN 17 Bandung



Spanduk Pesantren Ramadhan 1433 H dibentangkan digedung SMPN 17 Bandung

Pada hari  Senin tanggal 13 Agustus 2012 SMPN 17 Bandung memulai pelaksanaan Program Tahunan Pembinaan Imtaq berkenaan dengan bulan suci Ramadhan 1433 H  dengan sebutan Pesantren Ramadhan. Pada penyelenggaraan pesantren Ramadhan 1433 H di SMPN 17 Bandung mengambil tema "Membangkitkan Nilai-Nilai Religius, Mencintai Ilmu, Berakhlakul Karimah", dengan pemateri para asatidz unsur kampus dalam hal ini bekerja sama dengan PPL UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan para asatidz unsur masyarakat. Kegiatan pesantren ini selain dimaksudkan untuk membentuk generasi yang memiliki akidah yang lurus (Salimul Aqidah), beribadah sesuai petunjuk Rosulullah (Shahihul Ibadah), memiliki akhlak yang kuat (Matinul khuluq), serta memiliki wawasan keislaman yang luas (Mutsaqqaful Fikri), juga peserta pesantren diajak untuk memperbanyak infaq shodaqoh, sehingga diharapkan mereka memiliki karakter jiwa sosial mau dan mampu berbagi kepada saudara-saudaranya yang kurang beruntung dalam masalah ekonomi.  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh sisiwa muslim dari kelas VII, VIII, dan IX.


Acara Pembukaan dipandu oleh H. Aceng Zaenal Mutaqin, S.Ag 

Kegiatan dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh Bapak H. Aceng Zaenal Mutaqin, S.Ag beliau adalah guru PAI SMPN 17 Bandung.  Dilanjutkan dengan pembacaan kalam Ilahi yang dibacakan oleh Bapa Nishfa Rizal beliau adalah Mahasiswa Jurusan PAI UIN Sunan Gunung Djati Bandung.  kemudian dilanjutkan sambutan dari ketua penyelenggara Pesantren Ramadhan 1433 H sekaligus secara resmi membuka kegiatan Pesantren Ramadhan.   Pada sambutannya beliau   menekankan untuk menjadikan Kegiatan Pesantren Ramadhan sebagai sarana peningkatan wawasan keislaman, sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas  akhlak, sebagai sarana untuk meningkatkan tadarus Al Qur’an.


Pembacaan Kalam Ilahi oleh Ustadz Nishfa Rizal


Sambutan Ketua Penyelenggara Pesantren Ramadhan 1433 H Drs. Iwan Kustiawan

 
Setelah acara pembukaan, kegiatan pesantren ramadhan dimulai dengan kegiatan kuliah dhuha yang diisi dengan do'a (mendo'akan kaum muslim, guru-guru dan siswa yang sakit, mendo'akan siswa untuk kelancaran dalam belajar), dzikir Asmaul Husna, tadarus Al Qur'an, kultum, diakhiri dengan sholat dhuha. Sholat dhuha diimami oleh Ustadz Sholahudin Sanusi, S.Ag, dilaksanakan sebanyak dua raka’at. setelah  sholat dhuha, dilanjutkan dengan pembacaan do'a dhuha dan dzikir Al ma'tsurat.  Kegiatan kuliah dhuha dan rangkaian kegiatan lainnya ini dilaksanakan setiap hari sebelum kegiatan pesantren ramadhan dimulai.

 Kuliah dhuha dimulai dengan kultum  oleh Ustadz Sholahudin Sanusi, S.Ag

Ustadz Subur Mahasiswa PPL UIN SGD Bandung memberikan taushiyah pada hari kedua
kegiatan Pesantren Ramadhan


Pembacaan Dzikir Asmaul Husna dipandu oleh Ustadz Ijang Maftuh Sidik, S.PdI


Peserta Pesantren Ramadhan khusyu mengikuti Pelaksanaan Sholat Dhuha berjama'ah



Pembacaan do'a dan Al Ma'tsurat dipandu ustadz Ijang Maftuh Sidik, S.PdI
  
Semoga dengan pelaksanaan kuliah dhuha  menjadikan cikal bakal pembiasaan dalam beribadah kepada siswa. Hal yang paling penting dalam kegiatan ini adalah penanaman pendidikan religius serta pendalaman, pengalaman, dan pengamalan keimanan, ketaqwaan yang lebih terukur dan berhasil nyata.


PESANTREN RAMADHAN 1433 H
 
Program Pembiasaan dan Pembinaan Keimanan dan Ketaqwaan  SMP Negeri 17 Bandung di bulan Ramadhan ini yaitu Pesantren Ramadhan 1433 H. Pesantren Ramadhan tahun ini dilaksanakan di empat tempat, yaitu; lapangan upacara, ruang kelas, ruang multimedia, dan Masjid "Daarul Ulum" SMPN 17 Bandung . Hari pertama sampai dengan hari akhir kegiatan pesantren ramadhan diawali dengan kuliah dhuha dilapangan upacara, dibuka dengan kegiatan kultum, berdo'a, dzikir Asmaul husna, tadarus Al Qur'an, shalat dhuha berjama’ah dilanjutkan membaca do'a dhuha serta dzikir al-ma’tsurat. 
kegiatan pesantren ramadhan yang menggunakan ruang multimedia dan masjid,  materi yang diberikan kepada siswa adalah materi motivasi belajar dan motivasi Islam. Adapun materi pelajaran yang menggunakan ruangan kelas dimulai dengan materi Al Qur'an, Aqidah, Akhlak, dan Fiqh.

















peserta pesantren ramadhan antusias mengikuti kegiatan


Bapak-Ibu wali kelas dengan penuh dedikasi setia mendampingi siswa binaannya


Dalam pesantren Ramadhan ini diakhiri dengan kegiatan bakti sosial 'Ramadhan Berbagi SMPN 17 Peduli' kepada siswa yang kurang mampu, masyarakat sekitar sekolah, serta santunan ke yayasan yatim di Arcamanik dan yayasan yatim Amanah Ummah di Cicukang. Kegiatan bakti sosial tersebut merupakan hasil infaq shodaqoh dari siswa selama kegiatan pesantren ramadhan 1433 H.

Kepala Sekolah memberikan santunan kepada masyarakat 


Kepala Sekolah dan Panitia foto bersama dengan masyarakat penerima santunan







 Ketua Panitia memberikan santunan kepada siswa yang kurang mampu
 



Panitia Pesantren Ramadhan foto bersama dengan siswa penerima
santunan baksos


 ijab qobul infaq shodaqoh di Rumah Yatim Arcamanik


Panitia Pesantren Ramadhan foto bersama dengan perwakilan siswa
dihalaman Rumah Yatim Arcamanik

 ijab qobul infaq shodaqoh di Panti Asuhan Amanah Ummah 


 Panitia Pesantren Ramadhan dan perwakilan siswa foto bersama dengan pengurus dan anak yatim piatu 
Panti asuhan Amanah Ummah

 Panitia Pesantren Ramadhan foto bersama dengan Tim Asatidz PPL UIN SGD Bandung
Guru Pamong SMPN 17 sharing dengan Tim Asatidz PPL UIN SGD Bandung

Program Pesantren Ramadhan di sekolah kami insya Alloh akan dilaksanakan setiap tahun. Untuk tahun depan  kegiatan pesantren ramadhan ini kami rencanakan tidak hanya untuk kalangan siswa tetapi guru dan TU, dengan harapan mudah-mudahan akan mendapatkan tambahan ilmu keislaman melalui kegiatan pesantren ramadhan tersebut. Semoga!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SALAM SILATURRAHIM, SELAMAT BERKUNJUNG DI BLOG SAYA, SEMOGA KITA MENJADI INSAN BIJAK DENGAN BERBAGI ILMU PENGETAHUAN